PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PAKAIAN THRIFTING PADA SECOND USED MARKET DI KOTA PONTIANAK

Feryanto, Feryanto (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PAKAIAN THRIFTING PADA SECOND USED MARKET DI KOTA PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas OSO.

[thumbnail of Bab I & V Feryanto (2001011054).pdf]
Preview
Text
Bab I & V Feryanto (2001011054).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab II, III, & IV Feryanto (2001011054).pdf] Text
Bab II, III, & IV Feryanto (2001011054).pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan media sosisal instagram dan kualitas produk terhadap minat beli pakaian thrifting pada second used market di kota pontianak. Dengan adanya perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen, pola pembelian produk, terutama melalui platform media sosial, telah berubah secara signifikan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang pernah membeli membeli pakaian thrifting di second used market baik secara online maupun offline. Sebanyak 100 responden dijadikan sampel penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel media sosial instagram, kualitas produk, dan minat beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial instagram dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli pakaian thrifting pada second used market. Media sosial instagram memberikan kemudahan akses bagi konsumen untuk membeli pakaian thrifting secara online, sedangkan kualitas produk mempengaruhi minat beli melalui informasi, ulasan, dan rekomendasi dari pengguna lain. Penelitian ini menekankan pentingnya bagi second used market untuk memanfaatkan media sosial instagram dan kualitas produk sebagai strategi pemasaran guna meningkatkan penjualan produk mereka di kota pontianak. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi pada literatur teori mengenai pengaruh media sosial instagram dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen di tingkat lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media sosial instagram, kualitas produk, minat beli
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Repositori 1
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:33
Last Modified: 07 Nov 2024 02:33
URI: https://repository.oso.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item
View Item