PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PARENTAL INCOME DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KEUANGAN GENERASI Z (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS OSO)

Mariani, Rani (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PARENTAL INCOME DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KEUANGAN GENERASI Z (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS OSO). Skripsi thesis, Universitas OSO.

[thumbnail of Bab I & V Rani Mariani (2001011040).pdf]
Preview
Text
Bab I & V Rani Mariani (2001011040).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab II, III, & IV Rani Mariani (2001011040).pdf] Text
Bab II, III, & IV Rani Mariani (2001011040).pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan, pendapatan orang tua, dan gaya hidup terhadap perilaku keuangan Generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan uji SPSS20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku keuangan dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Sebaliknya, pendapatan orang tua tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan dengan nilai signifikansi sebesar 0,126 > 0,05. Gaya hidup juga memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan dengan nilai signifikansi sebesar 0,045 < 0,05. Berdasarkan temuan ini, disarankan untuk memperluas implementasi penelitian kepada pihak lain, menambah jumlah sampel, serta menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi perilaku keuangan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Lietasi Keuangan, Parental Income, Gaya Hidup, Perilaku Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Repositori 1
Date Deposited: 10 Nov 2024 16:39
Last Modified: 10 Nov 2024 16:39
URI: https://repository.oso.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item
View Item